Artikel

Kamis, 19 September 2013

Extrakulikuler Bola Voli SMA Santo Paulus

Tim Inti Voli SMA Santo Paulus 2013 - 2014

Berdiri : Hillarius Panuga, Hans Ngadhi, Oling, Pablo Ngadhi
Jongkok : Florentinus Audyon, Denny


Wajah-wajah mereka yang penuh semangat ini telah menjadi panutan dalam kegigihan berlatih dan bertanding. Tetapi tak ada yang dapat dipungkiri dibalik semangat mereka, pasti ada rasa penat. Tetapi itu bukanlah hal yang sulit buat mereka.

Extrakulikuler Voli sendiri sudah ada sejak tahun 90an. Pada saat itu, voli hanya dikategorikan ke dalam Hobi. Tetapi, pada tahun 2000, Paulus sendiri ikut berpartisipasi dalam pertandingan-pertandingan hingga saat ini.

Pelatih Voli SMA Santo Paulus, Muhammad Ichsan mengatakan bahwa Perkembangan dari tahun ke tahun selalu ada peminat, baik itu dari kelas X, XI, maupun XII.
"Ditahun ke tahun, selalu ada peminat. Terutama untuk kelas X yang baru saja masuk sekolah. Bakat dan Mental mereka diuji satu per satu hingga mereka bisa meskipun membutuhkan waktu yang lama.''
Dalam permainan voli itu sendiri membutuhkan 6 pemain. Setiap pemain mempunyai skill di bidangnya masing-masing :
  1. Tosher (Pengayun Bola Kepada Spiker) 1 Pemain
  2. Spiker (Pemain Penyerang) 2 Pemain Depan
  3. Setter (Pemberi dan Pertahanan Bola) Terkadang 3 atau 2 Pemain Belakang
  4. Libero (Pertahanan Bola lebih spesifik) 1 Pemain yang saling berganti posisi
Saat ini (2013 - 2014) sudah ada lebih dari 20 pemain yang berpartisipasi, Laki-laki atau Perempuan. Masing - masing dari mereka memiliki lapangannya sendiri. 

Profil Pemain

Denny XI IPS F sebagai Spiker

Denny (XI IPS F) adalah salah satu spiker pemain Voli SMA Santo Paulus. Ia berasal dari SMP St. Fransiskus Asisi. Sejak SD ia sudah menggeluti Permainan Voli ini. Menurutnya voli adalah hobi dan tantangan hidupnya.
"Aku sih menganggap tantangan, karena ya kalau mau berkembang, harus menganggap sesuatu itu seperti tantangan.

Oling (XI IPS) Sebagai Spiker
Oling adalah spiker voli berikutnya. Ia berasal dari SMP Negeri yang sudah menggemari permainan ini. Ia juga pernah berlatih di salah satu klub voli terkemuka di Pontianak. Menurutnya voli hanya sebuah hobi, tidak lebih.

"Voli sih aku anggap hobi aja sih. Paling latihan trus ja. Kalau gx ada waktu biasanya gx latihan. Hahaha"


Pablo Yohanes Ngadhi (XII IPS A) sebagai Spiker
 
Pablo Yohannes Ngadhi (XII IPS A) adalah spiker lainnya. Ia berasal dari SMP Abdi Agape, Sosok, Kalimantan Barat. Ia merupakan pemain voli terkenal di jamannya karena ia memiliki pukulan (Smash) lebih kuat dari pemain lainnya. Menurutnya kekuatan itu sudah diasahnya sejak SMP.
"Dulu aku latihan di kampung lebih berat dari yang ini. Kuncinya cuman lompat yang tinggi-tinggi ja, asalkan timing pas, pasti jadi dah."
Hillarius Panuga (XI IPS) Sebagai Tosher
Hillarius Panuga (XI IPS) biasa dipanggil Nuga adalah tosher. Ia berasal dari SMP Suster Pontianak. Dulunya ia adalah seorang pemain basket saat SMP. Alasannya ingin bermain voli adalah mencari suasana baru di SMA.

Itulah sedikit profil mereka. Semoga apa yang ada saat ini dapat bertahan dan dapat bertambah prestasi yang mereka dapat. Semua itu adalah proses dari kesabaran dan ketabahan hati. Tentu saja dengan dukungan pasti akan terwujud sebuah permainan yang baik dan sportif.

Terima Kasih :)

2 komentar :

  1. wah menarik yah ekskul nya memilih anggota dengan seksama !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Sekali :)
      Terima Kasih telah berpartisipasi

      Hapus