Artikel

Jumat, 20 September 2013

Drumband SMA Santo Paulus | Drumband Is Never Flat

Drumband SMA Santo Paulus (2013)
Inilah salah satu Ekskul yang lagi tenar saat ini, DRUMBAND. Ekskul ini berbeda dengan Marching Band, Kalau Marching Band memiliki jenis alat musik lebih dari satu (Tiup, Pukul, pada umumnya), lain halnya dengan Drumband yang memilih satu jenis alat musik, yaitu : Pukul.

Ekskul Drumband SMA Santo Paulus sudah melewati tahun dari jaman ke jaman. Tetapi semangat dari mereka tidak pernah pudar. Setiap tahun pasti ada peminatnya, sama halnya dengan Ekstrakulikuler Voli.
Dari pertama mereka masuk, mereka akan dilatih dari Basicnya, sehingga saat memegang alat tidak Kaku tentunya.

Saat ini (2013 - 2014) pemain drumband sudah lebih dari 40 orang. Masing-masing dari mereka memegang alat musik masing-masing. Tentu saja tidak langsung memegang alat, tetapi diseleksi secara seksama agar pilihan mereka tidak salah sasaran. Kategori dari alat musik itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1. Drum
  2. Tenor
  3. Trio
  4. Bass
  5. Simbal
  6. Lyra
Kebanyakan kategori alat, Drum memliki pemain yang cukup banyak. Setengah dari formasi mereka isi sedangkan sisanya diisi oleh Tenor dan Lainnya. Festival yang belakangan diikuti adalah Festival Cap Go Meh bersama Fashion Road dalam rangka hari jadi Pontianak yang lalu. Dan inilah sedikit dari Dokumentasi yang telah kami rangkum :


Wajah pantang menyerah salah satu pemain

Irama yang dipadukan

Kekompakan antar pemain
Kali ini akan membahas tentang struktur formasi, Dalam pementasan pasti ada yang memimpin, yaitu Mayoret dan bawahannya. Tugas dari Mayoret sendiri adalah untuk memberi aba-aba dan isyarat kepada pemain lain apa yang harus dilakukan. Selain keselarasan dan kekompakan, Mayoret adalah salah kunci yang lain. Jika Mayoret tidak fokus, maka hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. 


Ryska Wulan Oktavia (Mayoret Ke-2) Tahun 2013

Sintania (Mayoret Utama) di Tahun 2013

 
Victor Mardy Ekeh (Mayoret Utama) Tahun 2013 - sekarang


  • Ryska Wulan Octavia dan Sintania adalah Mayoret satu angkatan. Mereka sekarang sudah menjadi alumni dan mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Meskipun demikian mereka tidak pernah melupakan ekskul yang sudah digeluti selama 2 setengah tahun.
  • Victor Mardy Ekeh adalah Mayoret angkatan tahun ini. Ia sekarang sudah kelas XII dan hingga sekarang ia masih menjadi mayoret dan sebagai senior kepada mayoret junior dari kelas X

Selain Mayoret, ada yang namanya Gitar Nandi (kalau tidak salah namanya). Tugasnya sama seperti Solis yang memimpin Koor, yaitu memandu irama yang dimainkan sehingga dapat selaras baik ketukannya maupun bunyi yang dihasilkan. Gitar Nandi juga berfungsi memberikan kode lagu yang akan dimainkan dan Mars. Jika Gitar Nandi salah memberi arahan, maka pemain akan kesulitan.


Astri Dewi (Gitar Nandi) Tahun 2013

Astri Dewi sedang berpose di kamera :D
Sedikit gerakan yang ia tampilkan
Wajah cantiknya membuat para pemain semakin bersemangat. Ia adalah Gitar Nandi yang memiliki paras yang manis, Astri Dewi. Ia masih satu angkatan dengan Ryska dan Sintania, dan malahan mereka bertiga satu kelas. Sekarang entah dia dimana, mungkin ia Gitar Nandi terbaik yang dimiliki oleh angkatan Penulis XD.

Pelatih Drumband SMA Santo Paulus, Bong Khin Liung (Ahia, Pak Abong) Sudah lebih dari 7 tahun melatih dan membimbing mereka sehingga kini Drumband SMA Santo Paulus menjadi terkenal dari jaman ke jaman. Beliau sendiri adalah alumni dari SMA Santo Paulus dan mantan anggota drumband.
Dengan gigihnya beliau mengajar, dengan hati yang tegar beliau melatih, dengan hati beliau mengajar dan melatih kami.
Bong Khin Liung (Ahia, Pak Abong) Pelatih Drumbang SMA Santo Paulus

Ituah sedikit ulasan tentang Ekskul Drumband, meskipun kami tidak sempurna tetapi kami tetap bersama untuk sebuah kejayaan dan keberhasilan. Satu kekuatan kami untuk bersama. Mengalahkan segalanya, menerjang penghalang, dan tetap konsisten dengan Semboyan kami


SEKALI SANTO PAULUS, TETAP SANTO PAULUS

6 komentar :

  1. Keren Drum bandnya, tapi kok ndag ada foto aq??
    Lain kali lebih bagus lagi ya :D

    BalasHapus
  2. Akan lebih bagus artikel nya membahas tentang sejarah awal berdirinya Drum Band Santo Paulus dari angkatan pertama, jadi pembaca bisa mengenal asal mula terbentuknya eskul ini hingga proses perkembangannya saat ini. Tapi selebihnya sudah bagus, nice article.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berpartisipasi.
      Maaf sbelumnya, tetapi kami blm mendapat informasinya
      Jadi kami akan berusaha untuk mengembangkannya kembali

      Hapus
  3. Sekedar Saran
    saya pikir perlu diugrade kemampuan teman2 dari segi Peralatan maupun tekniknya dari drum band ke MARCHING BAND,
    dari segi kualitas musik, teknik Marching Band jauh lebih baik..
    saya hanya pemerhati perkembangan drum band dikalbar dan mengharapkan suatu saat Kalbar bisa bersaing di ajang Grand Prix Marching Band di Jakarta...
    saya siap membantu (Gratis) untuk share pengetahuan marching band yang saya miliki..
    (CP : 081254643388)

    BalasHapus
  4. Baiklah :)
    Terima Kasih telah memberikan saran.
    Kami sangat menghargai bantuan saudara.
    ^AE

    BalasHapus