Artikel

Sabtu, 21 September 2013

“Kreativitas, Modal Masa Depanmu”



Pernahkah anak atau adik anda berkata bosan terhadap cara bercerita yang sama yang selalu anda gunakan ? Ingin tahu cara bercerita yang lebih unik dan kreatif ? Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang cara bercerita yang merupakan ide dari seorang guru Bahasa Inggris SMA Santo Paulus, Madam Ika Santi Anggry Belladona, S.S. Tugas yang diberikan beliau kali ini cukup unik, kami diminta untuk bercerita dalam berbagai cara dalam Bahasa Inggris, diantaranya adalah dengan menggunakan drama, dalam hal ini layaknya seperti biasa kita cukup memerankan sebuah cerita sesuai dengan naskah dengan dilengkapi oleh beberapa properti, dan kostum. Kemudian dengan cara menggunakan wayang ataupun boneka tangan, hal ini cukup diperlukan ide-ide cemerlang bagaimana cara menampilkan sebuah
perwayangan atau cerita boneka tangan sehingga dapat menghasilkan cerita yang bagus dan menarik. Selain itu, beliau juga meminta agar kami bercerita menggunakan gambar, dalam hal ini, cukup diperlukan keahlian dalam menganalisa bagian dari cerita mana yang perlu kita gambar agar audience dapat dengan mudah mengerti maksud dari cerita yang kita ceritakan, dan sama halnya juga dengan penampilan menggunakan perwayangan atau boneka tangan, dalam penampilan cerita menggunakan gambar juga perlu diperhatikan bagaiman caranya agar penonton tidak bosan. Berikut sayan sertakan salah satu foto gambar dari salah seorang teman yang bercerita menggunakan gambar, judul ceritanya “Pixie Hollow Games”
  
Tak habis ide, untuk mengasah kemampuan berpikir dan ide-ide yang kami miliki, kami juga diminta untuk bercerita dalam sebuah lagu, dalam hal ini, bisa saja sebagai pengantar kita menggunakan sedikit drama musikal, seperti yang teman kami lakukan. Ide yang tak disangka-sangka akhirnya pun mucul, ide untuk bercerita dengan puisi, hal ini membuat kami semakin berpikir keras karena kami harus merubah sebuah cerita menjadi sebuah karya puisi yang indah dan dapat dinikmati oleh semua orang, belum lagi cara menampilkannya, dan intonasi dari puisi tersebut.
Kreatifitas sangat dituntut dalam tugas ini, seperti bagaimana cara kita menampilkan, apakah akan membosankan, atau bahkan akan menyenangkan bagi semua penonton. Latihan pengucapan kata juga sangat penting dalam hal ini, karena jika kita tidak mengucapkan kata dengan jelas, maka penonton tidak dapat mengerti apa yang sebenarnya ingin kita katakan atau ingin kita ceritakan. Berikut adalah salah satu foto seorang siswa yang memiliki jiwa dan kreatifitas yang luar biasa

Salah satu tujuan dari tugas tersebut sebenarnya bukan hanya untuk melatih kreatifitas siswa dan siswi, tetapi juga agar kami mampu bekerja sama dalam sebuah kelompok kerja, saling menghargai pendapat orang lain, bahkan kita juga bisa belajar bagaiman caranya untuk mengatur sebuah kelompok kerja, dan menjadi seorang pemimpin yang baik dan bijaksana, sehingga kita dapat mencapai sebuah hasil kerja yang memuaskan.
Sebenarnya masih banyak hal yang dapat kita lakukan dengan istilah “kreatifitas”. Kreatifitas identik dengan hal-hal seperti seni lukis, seni tari, seni musik, dan lainnya. Sebenarnya ide-ide cemerlang yang keluar dari otak dan pikiran kita masing-masing itu juga dapat kita sebut sebagai kreatif. Kreatif adalah salah satu modal untuk masa depan kita, salah satunya adalah dalam bidang pekerjaan, jika kita kreatif dalam bekerja, selalu memberikan masukan-masukan dan ide-ide inovatif terhadap suatu perusahaan, maka tak butuh waktu lama kita akan dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi. Selain itu sebuah kretivitas juga dapat membuat hidup kita tidak bosan atau lebih berwarna.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar