Artikel

Rabu, 18 September 2013

Asal Usul Berdirinya SMA Santo Paulus Pontianak

nah O.o
Kita sudah sering mendengar nama SMA Santo Paulus dalam berbagai berita yang selalu diikuti seperti kejuaraan perlombaan, dalam pembukaan penerimaan siswa baru , dalam berbagai kegiatan lainnya.

SMA Santo Paulus itu sudah dikenal oleh banyak orang tetapi masih belum tau asal usul berdirinya. Nah mari kita mencari asal usul berdirinya sekolah tercinta kita ini :)

Ketika pada tahun 1952, belum ada satupun SMA di Pontianak. Pendidikan umum yang tertinggi pada saat lampau hanyalah setingkat SMP. Sehingga banyak siswa yang berhenti sekolah atau bagi siswa yang ingin melanjutkan ke SMA terpaksa mencari sekolah di Jawa, ataupun ke tempat lain di luar Pontianak. Begitu banyak hambatan untuk melanjutkan pendidikan ke daerah Jawa, terlebih bagi siswa yang kurang mampu. Apalagi di saat itu transportasi sulit didapati dan masih sangat minim dibanding saat ini baik transportasi melalui udara maupun laut.

Pada tahun 1952, dua Bruder MTB mulai melakukan inisiatif untuk membuka SMA di Pontianak sehingga pada tahun 1953, sekolah tersebut dijadikan Sekolah Negeri, yang saat ini menjadi SMA Negeri 1. Keren yahh SMA pertama di dirikan oleh bruder MTB  >-< !!!

Setelah itu pada tahun 1969 banyak pelajar yang mulai menyelesaikan pendidikannya di SMP Bruder dan SMP.Banyak lulusan SMP Bruder dan SMP Suster yang mau melanjutkan ke sekolah Katolik terpaksa harus pergi ke daerah Jawa. Walaupun begitu di sana mereka harus memiliki nilai ujian tinggi dan biaya yang besar, barulah mereka dapat diterima di Jawa. Begitu banyak rintangan yang harus mereka hadapi. Kesulitan lainnya adalah makin sulitnya mendapat sekolah Katolik di Jawa yang di inginkan. Wah kasihan sekali T^T .

Melihat kenyataan tersebut, beberapa hal yang menjadi pemikiran, mendorong dua Bruder MTB untuk mengatasi lulusan-lulusan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMA. Bruder MTP yang ingin membantu permasalahkan tersebut yaitu Bruder Bruno, yang waktu itu kepala SMP Bruder, dan Bruder Bernulfus merintis mencari jalan keluar dengan mendirikan sekolah Katolik setingkat SMA. Kemudian pada tahun 1963 beberapa orang Katolik juga memiliki keinginan yang sama yaitu merintis sekolah yang berciri khas Katolik. Keinginan-keinginan ini terwujud dengan berdirinya SMA Swasta Katolik, yaitu SMA Santo Paulus, dibawah asuhan Yayasan Santo Paulus. Nah SMA Santo Paulus mulai mencari jalannya untuk berdiri tegak hingga sampai saat ini . Bahkan bisa sampai berumur setengah abad lamanya ! Semoga sekolah tercinta ini akan terus bertumbuh menjadi teladan bagi sekolah yang lain nya ^^

SMA Santo Paulus dilihat dari pintu masuk.
Nah sangat menarik bukan ? Sekolah yang berciri khas kan agama Katolik ini sangat mendominan di hati masyarakat Pontianak karena merupakan sekolah favorite yang terkenal. SMA Santo Paulus terlah tercatat dengan akreditasi A yang menandakan sekolah yang sangat bagus yang memiliki fasilitas lengkap, memiliki tenaga pengajar yang berkompeten , dan dipimpin oleh Bruder Kepala Sekolah yang sangat kreatif dan bijaksana dalam mengambil keputusan. SMA Santo Paulus juga memiliki perpustakaan yang lengkap sehingga siswa tidak perlu repot untuk mencari bahan pembelajaran ke luar lingkungan sekolah . SMA Santo Paulus juga memiliki fasilitas yang cukup untuk bidang olahraga dengan disediakan 3 buah lapangan voli , 3 buah lapangan basket beserta Bina Remaja yang multifungsi yang dapat digunakan sebagai lapangan untuk bulu tangkis  maupun tenis meja.

Bagaimana setelah mengetahui asal usul sekolah yang terfavorite di pontianak yang dengan berciri khas kan agama Katolik ? Sekolah yang berciri khas kan agama katolik tidak hanya menerima siswa yang beragama katolik saja ^o^ tetapi juga menerima siswa dari berbagai kalangan yang pasti harus memiliki prestasi yang baik untuk masuk ke sekolah tercinta ini.

9 komentar :

  1. Waw.. Baru tahu sejarahnya seperti itu.. SEKALI SANTO PAULUS TETAP SANTO PAULUS !!! :D

    BalasHapus
  2. Tenyata setelah tahu sejarahnya, SMA Santo Paulus jauh lebih keren dari yang aku ketahui ya ! Bangga deh, sekolah di Paulus .. !! ^O^ .


    (XII - Uli M)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp (Y)
      makin cinta deh ama SMA Santo Paulus
      haha

      Hapus
  3. Putri Damayanti9/19/2013 11:45:00 PM

    Waw,setelah mengetahui sejarah SMA Santo Paulus saya merasa bangga, Sekali Santo Paulus. Tetap Santo Paulus !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. terharu bacanya T^T
      sampe berlinang air mata 2 kilo *kidding haha

      Sekali Santo Paulus, Tetap Santo Paulus !!!

      Hapus